Header Ads

Hati-Hati! Ini 5 Bagian Rawan Kotor di HP dan Cara Mudah Membersihkannya

Studi yang dikeluarkan oleh Which Magazine dari Inggris mengatakan bahwa smartphone memiliki potensi 18 kali dijadikan sarang bakteri ketimbang toilet umum. Masuk akal sih. Tentunya dengan melakukan aktivitas yang beragam, smartphone kamu jadi gampang kotor bukan?

Smartphone yang kotor dan jadi sarang bakteri tentu bakal membawa penyakit pada penggunanya. Makanya, kamu perlu berhati-hati terhadap bagian yang mudah kotor pada smartphone. Berikut Jaka kasih tahu tips membersihkan bagian yang rawan kotor pada smartphone tanpa harus merusaknya.

Cara Membersihkan 5 Bagian Rawan Kotor Pada Smartphone
Sebelum memulai, kamu perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan yang digunakan untuk membersihkan smartphone. Bahannya gampang dicari kok. Kamu tinggal siapkan kain microfiber, cotton buds, air, dan alkohol. Jangan lupa untuk menonaktifkan smartphone terlebih dulu ya!

1. Layar Smartphone

Layar merupakan bagian pada smartphone yang paling banyak kontak langsung dengan tubuh saat digunakan. Layar smartphone yang kotor dapat disebabkan oleh sidik jari atau bahkan minyak wajah kamu saat digunakan untuk menelepon.

Untuk membersihkan layar, kamu perlu menggunakan kain microfiber. Kain microfiber punya tekstur yang lembut. Basahi kain dengan sedikit air, lalu usapkan pada layar smartphone dengan cara memutar. Berikan sedikit tekanan pada noda yang susah dihilangkan.

2. Body Smartphone

Body smartphone sering kontak dengan berbagai macam permukaan. Tentu akan sulit untuk menghilangkan noda pada bagian ini. Umumnya noda tinta pulpen menjadi yang paling sering membuat body smartphone kamu menjadi kotor.

Kamu perlu menggunakan minyak kayu putih atau hand sanitizer. Usapkan secara memutar hanya pada bagian yang kotor. Ulangi hingga noda perlahan menghilang. Terakhir, usapkan kain microfiber yang telah dibasahi untuk menghilangkan sisa minyak kayu putih dan hand sanitizer.

3. Lubang dan Port Smartphone

Debu halus umumnya menumpuk pada bagian lubang audio, charging, microphone, dan speaker. Untuk membersihkannya, kamu perlu berhati-hati untuk mengindari kerusakan. Gunakan cotton buds kering atau kapas untuk membersihkan debu pada lubang.

Kamu perlu menghindari menggunakan cairan pembersih rumah tangga untuk membersihkan bagian ini. Reaksinya yang kuat dapat merusak smartphone kamu loh. Tambahkan saja sedikit air dan alkohol pada tumpukan debu yang membandel.

4. Casing Tambahan Smartphone

Casing tambahan memang berfungsi untuk melindungi dan membuat smartphone nggak gampang kotor. Namun, bukan berarti casing kamu tidak jadi sarang debu dan bakteri. Sesekali kamu perlu membersihkannya juga, guys.

Sama seperti body dan lubang atau port smartphone, kamu bisa membersihkannya menggunakan kain microfiber dan cotton buds. Bersihkan body casing dengan kain microfiber yang telah dibasahi. Untuk bagian yang sulit dijangkau, kamu bisa menggunakan cotton buds untuk membersihkannya.

5. Earphone, Headset, dan Headphone

Kamu yang senang mendengarkan musik, tentu nggak akan lepas dari benda yang satu ini, baik earphone, headset, maupun headphone. Dengan selalu menjaga kebersihannya, kamu dapat mengurangi risiko infeksi pada telinga kamu.

Debu dan kotoran yang menumpuk bisa jadi sangat berisiko. Bersihkan lubang dengan menggunakan cotton buds atau kapas. Buat kamu yang menggunakan earphone, jangan ragu untuk mengganti earbuds jika yang lama sudah kotor.

Sumber :https://jalantikus.com/tips/cara-bersihkan-bagian-kotor-di-hp/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.